Ansor Trenggalek Dukung Pengesahan RUU Pesantren



Ansor Trenggalek Online - Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Trenggalek menyampaikan sikap perihal Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren. Pihaknya mendukung DPR untuk segera mengesahkan RUU Pesantren tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ketua PC GP Ansor Trenggalek, M. Izuddin Zakki saat ditemui redaktur Ansor Trenggalek Online di kediamannya di kompleks Pondok Pesantren Al Falah, Kedunglurah, Pogalan, Trenggalek.

"Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang yang lahir dan tumbuh di Nusantara. Artinya justru pesantran-lah yang merupakan lembaga pendidikan asli di Indonesia. RUU Pesantren yang ada saat ini telah mengakomodasi keragaman pesantren yang ada di Indonesia, namun tetap mencerminkan kepribadian dan jati diri pesantren. Untuk itu kami memberikan dukungan kepada DPR agar mengesahkannya dalam Rapat Paripurna akhir September tahun ini" ujar Gus Zaki.

Menurut Gus Zaki, pesantren memiliki kontribusi besar sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Sebab dulu, di pesantren menjadi tempat tumbuh kembangnya nasionalisme yang menggelorakan perjuangan melawan penjajahan.

“Maka dengan RUU Pesantren sebagai start bagi lulusan pesantren untuk memiliki kesempatan yang sama dalam membangun bangsa ini,” ucap pengasuh Pondok Al Falah Kedunglurah ini.

Sebagaimana diketahui, RUU Pesantren digodok oleh Komisi VII DPR RI. Pembahasan RUU Pesantren rencananya akan rampung pada tanggal 24 September 2019. RUU Pesantren mendapat penolakan oleh sebagian fraksi dan sejumlah ormas Islam.(ltf)

Related

Berita 3547517056640538064

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item