Ansor Trenggalek Gelar 'Suroan Agung' di Makam Menak Sopal



Ansor Trenggalek Online - Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Trenggalek bersama Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Trenggalek menggelar acara do'a bersama dalam tajuk 'Suroan Agung'. Agenda tersebut dilaksanakan di komplek pemakaman umum Bagong, Kelurahan Ngantru, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek pada Rabu malam (10/9/2019).

Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Agus M. Izuddin Zakki menjelaskan bahwa kegiatan suroan agung dengan mengambil lokasi di pemakaman Bagong karena di sana terdapat makam tokoh legendaris bagi masyarakat Trenggalek, yakni Ki Ageng Menak Sopal yang disebut-sebut sebagai tokoh pendiri Kabupaten Trenggalek  sekaligus pemuka agama Islam pada zamannya.


"Suroan Agung ini kami isi dengan kegiatan kirim do'a untuk para leluhur dan para tokoh Kabupaten Trenggalek khususnya Ki Ageng Menak Sopal yang merupakan tokoh pembabat tanah Trenggalek". Tutur Gus Zaki, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini juga mengandung maksud untuk mengingat sejarah akan perjuangan para tokoh yang sudah menyebarkan ajaran Islam serta membuat tata kelola pemerintahan di kabupaten Trenggalek di masa lalu.

Kegiatan do'a bersama ini juga dihadiri Forkopimda Trenggalek, tokoh dan sesepuh NU Trenggalek, Fatayat Muslimat Trenggalek, tokoh masyarakat sekitar dan puluhan kader Ansor Trenggalek. (ltf)

Related

Berita 5960655476206596732

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item