Banser Tanggap Bencana (BAGANA) Trenggalek Gelar Diklatsus Vertical Rescue dan Tanam Satu Juta Pohon

Peserta Diklatsus saat memperoleh materi praktik penyelamatan vertikal di tebing Beji Maron, Desa Karanganyar, Kecamatan Gandusari.

Ansor Trenggalek Online – Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Trenggalek menggelar Pendidikan dan Pelatihan Khusus (Diklatsus) Vertical Rescue pada Jum'at–Ahad (27–29/12/2019). Selama tiga hari, diklatsus dilaksanakan di dua desa berbeda, yakni Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandusari.

"Diklatsus vertical rescue ini adalah yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh Satkorcab Banser Trenggalek, dan dilaksanakan oleh Satsus (Satuan Khusus) BAGANA (Banser Tanggap Bencana)," kata Ketua Panitia, Sahabat Murjianto.

Peserta Diklatsus sesaat setelah aksi penanaman satu juta pohon di Bukit Banyon, Widoro.


Sejumlah 25 kader Banser dan 6 kader Denwanser, termasuk 3 Banser dan 2 Denwanser dari Sorong, Papua, yang menjadi peserta, mendapatkan materi pelatihan baik secara teoritis maupun praktis terkait teknik penyelamatan vertikal.

Adapun pelatih dan instruktur terdiri dari KABAGANA Trenggalek Ali Sodikin, KABAGANA Jawa Timur Eko Utomo, Rohmad, dan pemanjat profesional dari Bali, Hadi Wijayanto.

Pembukaan diklatsus dilaksanakan di Balai Desa Widoro, pada Jum'at (27/12/2019). Hadir pada acara pembukaan antara lain Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Ketua PAC GP Ansor Gandusari, MWC NU Gandusari, Kepala Desa Widoro, dan Sekretaris Desa Karanganyar.

Hadir pula Camat Gandusari beserta Kapolsek dan Danramil.



Di diklatsus ini, materi teoritis disampaikan on class bertempat di Balai Desa Widoro. Sedangkan materi praktek penyelamatan vertikal dilaksanakan di tebing Beji Maron, Desa Karanganyar.

"Dengan pelatihan vertikal rescue secara berkelanjutan ini, harapannya kemampuan personil Banser Trenggalek utamanya BAGANA dalam aksi-aksi penyelamatan makin meningkat dan komplit sehingga makin siap jika dibutuhkan sewaktu-waktu," kata Murjianto.

Peserta dari Sorong, Papua, bersama Sahabat Murjianto.


Diklatsus Vertical Rescue ditutup secara resmi oleh Camat Gandusari pada Ahad (29/12) dengan didampingi Kasatkorcab Banser Trenggalek, setelah sebelumnya melaksanakan penanaman satu juta pohon di Bukit Banyon, Desa Widoro. (eka/madz)

Related

Warta PAC 3791566181103478397

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item