Hablum Minal Alam, Ansor Ikut Tanam Pohon Bersama Wagub Jawa Timur





Trenggalek, Ketua Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Trenggalek, bersama wakil gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Kalpolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak beserta ratusan personel anggota Polres Trenggalek, Kodim 0806, Perhutani, Pemerintah Daerah bersama unsur masyarakat melakukan aksi tanam bibit pohon. Ribuan batang pohon di tanam oleh elemen lintas sektoral di Trenggalek. Jumat (10/1/2020).
Kegiatan ini di promotori oleh Kapolres Trenggalek, lebih dari 5500 bibit tumbuhan multiguna di sediakan dalam kegiatan yang bertema ‘Polri Peduli Penghijauan, Penanaman Pohon Lintas Generasi’ hari ini.
Suami artis cantik Arumi Bachsin itu yang kebetulan sedang melakukan kunjungan kerja di wilayah Trenggalek pun menyempatkan diri untuk bisa bergabung dalam agenda bhakti lingkungan tersebut.
Ungkapnya “Saya mengapresiasi Pak Kapolres dan pihak-pihak terkait yang telah peduli dengan lingkungan sehingga program ini terlaksana dengan baik,”
Menurut Emil, sebagaimana pengalamannya, Trenggalek selama ini ketika datang musim penghujan selalu punya potensi kebencanaan. Ada empat hal yang telah dievaluasi sebagai penyebab utama bencana di Trenggalek, diantaranya bahaya penambangan liar oleh masyarakat, penyerapan ekstraksi pompa, minimnya pengelolaan kawasan hulu dan mapping lahan kritis. Sehingga, diperlukan strategi-strategi pencegahan dan penanganan secara menyeluruh.
“Tak kurang dari 11 ribu pohon sudah kami tanam, mulai bulan November 2019 lalu. Bersama-sama dengan unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Perhutani dan masyarakat gerakan penanaman secara massif memang mulai kita budayakan,” kata Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak.
Ditambahkan Kapolres Trenggalek, dengan adanya kegiatan dimaksud, diharapkan masyarakat akan lebih peduli lagi terhadap alam serta lingkungannya. Sebagaimana hari ini, secara serentak di seluruh Indonesia, jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) baik Polda dan Polres melakukan kegiatan gerakan tanam sejuta pohon.
“Ini merupakan agenda serentak dari Bapak Kapolri yang kita implementasi kan bersama jajaran terkait lain. Dengan tajuk ‘Polri Peduli Penghijauan, Penanaman Pohon Lintas Generasi’ maka manfaatnya akan dirasakan anak cucu kedepan,” imbuhnya.
Masih menurut Jean Calvijn, kegiatan penanaman pohon saat ini ada pada 19 titik sasaran yakni di Mako Polres Trenggalek, Mapolsek jajaran, SLB, Paud/TK Kemala Bhayangkari, Asrama Polri dan di salah satu petak lahan milik Perhutani.
“Ini kami laksanakan serentak, yakni di lingkup Mapolres Trenggalek, 13 Mapolsek jajaran, asrama polisi, Paud/TK/SLB Kemala Bhayangkari dan di bukit Tunggangan, Desa Kendalrejo, Kecamatan Durenan,” ujar lulusan Akpol1999 itu.
Penggunaan tajuk ‘penanaman pohon lintas generasi’ bukanlah tanpa dasar dan makna. Sebenarnya, tema itu diambil dari para peserta penanaman. Karena kegiatan tersebut memang melibatkan semua jenjang usia dari lintas generasi. Mulai dari PAUD/Kelompok bermain, anak-anak TK, anggota Polri dan Bhayangkari aktif hingga para purnawirawan Polri serta Warakawuri.
“Mungkin, manfaat penanaman pohon ini tidak bisa langsung dinikmati saat ini. Akan tetapi 10 sampai 15 tahun mendatang saya yakin sudah terasa hasilnya. Sebenarnya bukan untuk siapa-siapa melainkan tetap kepada anak cucu kita,” tandasnya.
Sedangkan M. Izuddin Zakki atau yang akrab disapa Gus Zaki yang saat ini menjabat sebagai ketua pimpinan cabang Ansor Trenggalek itu menyatakan, hal yang tidak kalah penting lagi adalah perawatan tanaman pasca tanam. Jangan sampai usai penanaman, pohon dibiarkan begitu saja sehingga kering dan mati.

Related

Berita 1353618026671057647

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item