Rutinan Ahad Wage PAC GP Ansor Gandusari Kembali Aktif



Ansor Trenggalek Online -  Majlis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gandusari kembali mengaktifkan rutinan kegiatan Ahad Wage, acara perdana ini di laksanakan di mushola Nurul Huda dusun Gumelar desa Gandusari asuhan kyai Imam Ma'ruf (12/7).

Acara dimulai setelah subuh dengan khotmil Qur’an bil ghoib hingga magrib, khotmil Qur’an di baca oleh 7 orang khufat, lanjut hingga Isa’ dengan ngaji kitab Fatkhul Qorib, untuk memberikan pemahaman mengenai hukum-hukum yang ada di ilmu fiqh, pada pembahasan kali ini lebih di tekankan pada pembahasan mengenai haid, karena haid merupakan hal yang wajib di ketahui bagi perempuan maupun laki-laki. 

Setelah isa’ di lanjutkan dengan Mauhidhoh hasanah Sebagai acara terakhir, mauhidhoh hasanah di sampaikan oleh gus Zaki dengan pembahasan mengenai kurban di hari raya di idul Adha sebentar lagi, Idul Adha 2020 tahun ini jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 tepatnya hari Jum'at.

Gus Zaki yang juga sebagai ketua PC GP Ansor Trenggalek, memberikan pemahaman Qurban asal kata “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Pengertian lain dalam islam disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ibadah kurban disyariatkan Allah untuk mengenang yang dialami oleh Nabi Ibrahim as dan sebagai suatu upaya untuk memberikan kemudahan pada hari Id, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw, “Hari-hari itu tidak lain adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah

Gus Zaki juga menghimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam memperingati hari raya Idul Adha kali ini, karena kondisi saat ini penularan covid 19 masih belum terputus, sehingga sebagai langkah yang masif dilakukan untuk memutus penyebarannya dengan patuh protokol kesehatan, diantaranya menggunakan masker, rajin cuci tangan memakai sabun, jaga jarak (phisycal social distancing), dan menjaga imun tubuh untuk bisa selalu fit.

(IlmanNafi)

Related

PAC GP Ansor 1654360954549582963

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item