Ngaji Rutin Rabu Legi Putaran Ke-8 Rijalul Ansor Trenggalek Digelar di Sugihan Kampak



Putaran kedelapan Ngaji Rutin Pimpinan Cabang (PC) MDS Rijalul Ansor Kabupaten Trenggalek digelar di Anak Cabang Kampak, tepatnya di Musala Baitus Salam, Dusun Karangsono, Desa Sugihan, pada Rabu (2/9/2020) malam hari.

Seperti biasanya, acara dimulai dengan sambutan-sambutan. Kemudian pembacaan kitab Risalah Ahlus Sunnah wal Jamaah karangan Hadratussyaikh Hasyim Asyari dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Ketua GP Ansor Trenggalek, Sahabat Izuddin Zakki atau Gus Zaki, dalam sambutannya mengingatkan akan pentingnya mengaji kitab kuning ala kiai-kiai Nahdlatul Ulama dalam mendalami agama Islam, dibandingkan dengan sebatas membaca terjemah Al Qur'an, misalnya.

Pengasuh PP. Al Falah, Kedunglurah, Pogalan, ini lantas mencontohkan asbabun nuzul atau peristiwa yang melatari turunnya surat al-Fîl yang tidak ada dalam terjemah Al Qur'an, tetapi dijelaskan panjang lebar di kitab-kitab yang biasa dikaji di pesantren.

“Karena itulah Rijalul Ansor mengadakan ngaji rutin seperti malam ini, agar  masyarakat lebih akrab dengan ngaji kitab kuning, sehingga bisa memahami agama dengan benar seperti yang dibawakan oleh kiai-ulama kita,” ungkap Gus Zaki.

Ngaji Rutin putaran ke-8 ini membahas bab tentang kewajiban untuk bertaklid bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian berijtihad. Kitab Risalah Aswaja dibacakan oleh Ketua Departemen Pendidikan dan Dakwah yang juga Wakil Bendahara MDS Rijalul Ansor Trenggalek, Sahabat Mohammad Hamam Nashirudin atau Gus Hamam, dilanjutkan dengan tanya jawab bersama Ketua MDS Rijalul Ansor Sahabat Muhammad Nashir atau Gus Nashir dan Gus Zaki.

Ngaji rutin yang disiarkan langsung melalui channel Youtube Ansor Trenggalek Mengaji ini diikuti oleh pengurus dan anggota GP Ansor Ranting Sugihan serta masyarakat setempat. Turut hadir di kegitaan tersebut antara lain Wakil Ketua MWC NU Kampak, Ketua Ranting NU Sugihan, Ketua Anak Cabang GP Ansor Kampak, serta tokoh masyarakat setempat.


(Androw Dzulfikar)

 

Related

Sugihan 6634581853852943053

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item