BASADA, Satsus Banser Dibalik Kesuksesan PKL GP Ansor Trenggalek

 

 

basada pkl gp ansor trenggalek pp sulaiman gandusari

Pimpinan Cabang GP Ansor Trenggalek menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) di kompleks PP. Sulaiman, Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari selama empat hari, dimulai pada Kamis sore (17/20/2020) dan ditutup pada Ahad malam (20/12/2020) sekitar pukul 23.30 WIB.

Kegiatan kaderisasi tingkat lanjut ini juga dihadiri Katib Aam PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf dan KH. Luqman Haris Dimyati at-Tarmisi, serta dimeriahkan dengan acara Kopdar Kiai Muda se-Mataraman.

“Alhamdulillah, melihat antusiasme peserta dan kebahagiaan para kiai muda tadi malam, agenda PKL ini bisa dikatakan sukses besar,” ungkap Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Sahabat M. Izuddin Zakki atau Gus Zaki, seusai acara.

Yang menarik di balik kesuksesan agenda tersebut, ada satu eksponen yang biasanya jarang terkespos, yaitu Barisan Ansor Serbaguna Husada atau Banser Husada (BASADA).

Basada adalah Satuan Khusus dalam Banser yang membidangi tentang kesehatan dan pengobatan alternatif,” ujar Sahabat Qorib Muchsan, Waka Satsus Basada Satkorcab Trenggalek.

Qorib menuturkan, Basada akan selalu hadir di setiap kegiatan-kegiatan NU. Termasuk di kegiatan PKL yang diselenggarakan PC GP Ansor Trenggalek kemarin.

“Kami anggota Basada berkomitmen memegang amanah dari pimpinan agar selalu siap sedia untuk hadir berbakti sosial di setiap kegiatan-kegiatan warga nahdliyyin dan masyarakat secara umum,” imbuhnya.

Keberadaan Basada sangat bisa dirasakan kebermanfaatannya di tengah kegiatan PKL Ansor Trenggalek. Sebagaimana pengakuan Samsudin, peserta PKL dari Lamongan yang sempat merasakan terapi di Pos Basada.

"Saya kurang enak badan di hari kedua PKL, kemudian saya periksakan ke pos Basada. Selain diberi obat, saya juga diterapi, dan alhamdulilah badan sehat kembali,” tutur Samsudin.

basada pkl gp ansor trenggalek kopdar terong gosong se mataraman pp. sulaiman gandusdari
Sahabat Qarib Muchsan, Waka Satsus Basada Satkorcab Banser Trenggalek, saat memeriksa salah seorang Banser yang bertugas mengamankan pelaksanaan PKL GP Ansor Trenggalek.
Selain Sahabat Samsudin, juga terlihat banyak sahabat baik dari GP Ansor maupun Banser yang mendatangi Pos Basada PKL GP Ansor Trenggalek kemarin untuk mendapatkan layanan kesehatan atau terapi.

“Awalnya saya mengeluh pusing dan meminta pijat di kepala kepada seorang Basada, tapi malah dipijat terapi seluruh tubuh. Pijatannya sangat enak. Akhirnya saya belikan rokok satu bungkus,” tutur sahabat GP Ansor yang tidak mau disebutkan namanya.

BASADA adalah satuan khusus Banser yang mengemban tugas bantuan kemanusiaan di bidang kedokteran, kesehatan, dan norma hidup sehat bagi masyarakat khususnya di lingkungan Nahdlatul Ulama, GP Ansor, dan masyarakat. BASADA dibentuk di tingkat pusat hingga Anak Cabang. Di setiap kegiatan GP Ansor dan Banser, juga kegiatan ke-NU-an, BASADA hadir sebagai tim kesehatan.

basada pkl gp ansor trenggalek kopdar terong gosong se mataraman pp. sulaiman gandusdari


(M. Nurul Izza)

Related

PKL 5249617552111213382

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item