Sambut Harlah ke-87, GP Ansor Trenggalek Gelar Semakan al-Quran bil Ghaib dan Wayangan

harlah ke 87 gp ansor trenggalek gus zaki dan gus loh wayang kulit
Ketua PC GP Ansor, Gus Zaki, memberikan tumpeng Harlah ke-87 kepada Ketua PCNU Trenggalek, KH. Fatchulloh Sholeh.

Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Trenggalek menyelenggarakan serangkaian even dalam menyambut Harlah GP Ansor ke-87 yang jatuh pada tanggal 24 April 2021. Di antaranya semakan al-Qur’an bil ghaib, istighatsah dan tahlil, serta pertunjukan wayang kulit sebagai puncak peringatannya.

Even digelar di pelataran markas PC GP Ansor Trenggalek, kompleks Perumahan Kelutan Trenggalek.

“Harlah GP Ansor tahun ini tidak hanya kita buat meriah, tetapi juga sambil memperkuat nilai-nilai luhur yang telah diwariskan para Wali Songo melalui seni-budaya. Itu kenapa acara puncak kita konsep dengan wayangan,” tutur Sahabat M. Izuddin Zakki, Ketua PC GP Ansor Trenggalek di sela-sela acara.

Gus Zaki, sapaan akrabnya, melanjutkan, konsep pertunjukan wayang kulit dalam peringatan harlah ini bukan serta merta. Wayang kulit merupakan salah satu simbol metode dakwah Islam ala Wali Songo yang ramah melalui pendekatan budaya.

“Zaman keemasan Islam di Nusantara itu ya pada zaman Wali Songo, yang mencerminkan Islam ramah, bukan Islam marah. Dan itu salah satunya dicapai dengan jalan budaya,” imbuhnya.

Apalagi, lanjut Gus Zaki, salah satu kader GP Ansor di Kabupaten Trenggalek ada yang berprofesi sebagai dalang wayang kulit, yaitu Sahabat Ahmad Andri atau Ki Andri Sungging Handoyo, S.Sn yang menjabat Ketua Ranting GP Ansor Prambon, Kecamatan Tugu.

Rangkaian even peringatan harlah dimulai sejak pagi hari seusai salat subuh dengan pembacaan al-Qur’an (semakan) bil-ghaib oleh sejumlah hafiz yang dipandegani Ustaz Ahmad Fatoni. Ustaz Fatoni adalah seorang hafizul Qur’an yang menjabat Ketua Ranting GP Ansor Jati, Kecamatan Karangan.

Selesai semakan sekitar pukul 14.00 WIB, acara dilanjutkan dengan istighatsah dan tahlil. Setelah itu, dilaksanakan sosialisasi asesmen administrasi dan akreditasi oleh tim asesor dari Pimpinan Wilayah Jatim didampingi tim asesor cabang, yang diikuti oleh Ketua dan Sekretaris Pimpinan Anak Cabang se-Kabupaten Trenggalek beserta Banser dan Rijalul Ansor.

Semakan al-Quran bi ghaib yang dipimpin oleh Ust. Ahmad Fathoni, Ketua Ranting GP Ansor Jati, Kecamatan Karangan, yang juga seorang hafiz.


Memasuki puncak peringatan harlah, dilaksanakan upacara seremonial. Hadir di acara ini antara lain Ketua Tanfidziyah PCNU Trenggalek, KH. M. Fatchulloh Sholeh, dan seluruh Banom. Hadir pula Ketua IKAPMII dan LGMI Trenggalek.

Pada kesempatan tersebut, KH. M. Fatchulloh Sholeh atau Gus Loh, atas nama PCNU Kabupaten Trenggalek meyampaikan selamat atas harlah GP Ansor yang ke-87. Beliau juga berharap agar GP Ansor Trenggalek semakin maju dengan limpahan berkah serta perlindungan dari Allah Swt.

“Dan semoga Gus Zaki selalu diberi kesehatan dan kekuatan dzahiran wa bathinan dalam memimpin PC GP Ansor Trenggalek, lumeber ke kita semua, para peng-khidmah di keluarga besar Nahdlatul Ulama,” tutur Gus Loh dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng harlah secara simbolis oleh Ketua PC GP Ansor Trenggalek, yang kemudian diserahkan kepada Ketua PCNU Trenggalek.

Prosesi potong tumpeng menandakan selesainya upacara seremonial sekaligus pembukaan pertunjukan wayang kulit oleh dalang Ki Andri Sungging Handoyo dengan lakon Gatotkaca Winisudha.

Pertunjukan wayang kulit diskors untuk buka bersama hingga salat tarawih berjamaah, kemudian dilanjutkan kembali hingga pukul 22.00 WIB.

Peringatan Harlah ke-87 GP Ansor yang bertemakan “Pagar Baja Gerakan Kita” ini dilaksanakan protokol kesehatan ketat. Acara ini juga disiarkan secara langsung secara live streaming di channel Youtube Ansor Trenggalek Mengaji.

 

(Androw Dzulfikar)

Related

Wayang kulit 1463073758330472568

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item