Tolak Tambang Emas, Audiensi GP Ansor Trenggalek Dengan Bupati

 

Audiensi Tolak tambang yang Belum Terbalas

Jum’at, 2 Juli 2021 bertempat di Komplek Rumah Dinas Bupati Trenggalek, Pendopo Manggala Praja Nugraha Pimpinan Cabang GP Ansor Trenggalek bersama Lintas komunitas yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Trenggalek menggelar audiensi terkait perkembangan pengawalan terhadap Aksi Tolak Tambang yang di awal tahun 2021 ini mencuat. Hadir juga dalam audiensi tersebut perwakilan Walhi Jatim yang secara khusus mengawal perkembangan izin tambang yang ada di Kabupaten Trenggalek. Suasana santai tampak terlihat dengan dimulai dengan  penguatan dan penyampaian informasi terkini dari Ketua Walhi Jatim, Rere melalui aplikasi Zoom.

Bupati Trenggalek mengapresiasi atas konsistensi GP Ansor Trenggalek dan seluruh elemen yang selama ini terkabung dalam Aksi Tolak Tambang. Surat petisi tolak tambang yang pernah disampaikan sudah dikirim ke Kementarian ESDM. Bupati Trenggalek menyampaikan bahwa Pemkab masih menunggu hasil review RT/RW kabupaten Trenggalek oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut Gus Zaki, Ketua GP Ansor Trenggalek menyampaikan bahwa kedatangan ke Pendopo bersama seluruh eleman ART dan WALHI Jatim  dalam bentuk audiensi ini merupakan langkah nyata bahwa aksi penambangan yang akan dilakukan oleh PT SMN akan berakibat nyata dalam persoalan lingkungan ke depannya bagi Kabupaten Trenggalek secara umum dan bagi daerah tapak secara khusus. Walhi jatim mengingatkan kepada mas Ipin untuk belajar dari Tumpang Pitu Banyuwangi yang hanya 1 kecamatan, dan bisa dibayangkan di Kabupaten Trenggalek yang masuk di peta Eksploitasi PT SMN sebanyak 9 kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di kabupaten Trenggalek.

Diakhir audiensi Bupati Trenggalek menyampaikan masukan-masukan ini akan menjadi pertimbangan dalam mengambil langkah-langkah antisispasi kedepannya. Beliau menyampaikan permohonan agar teman-teman yang hadir dalam audiensi ini membantu Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam penyampaian informasi kepada masyarakat yang terdampak . Antisipasi kerawanan konflik social menjadi PR bagi pemerintah Kabupaten Trenggalek selain persoalan dampak lingkungan yang pasti akan diterima jika benar-benar PT SMN beroperasi.

(Najib)

Related

Warta 6818352312371710395

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item