SONGSONG RAMADHAN MDS RA GANDUSARI NYEKAR MAKAM MUASIS DAN PEJUANG NU

"Kegiatan ini juga sebagai pengingat bagi kita yang masih hidup terhadap nasib perjalanan kita selanjutnya, yaitu kematian"

Diantara tradisi akhir bulan Sya'ban adalah ziarah kubur. Sebagian menyebut tradisi ini dengan istilah nyekar. Bagi beberapa orang hal ini menjadi sebuah keharusan yang mana bila tradisi nyekar ini ditinggalkan serasa ada yang kurang dalam menyongsong bulan Ramadhan.

Jumat, 25/3/2022 MDS (Majelis Dzikir dan Sholawat) Rijalul Ansor (RA) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gandusari menggelar acara ziarah makam muasis dan pejuang Nahdlatul Ulama (NU) se-Kecamatan Gandusari. Kurang lebih ada 10 makam yang masuk dalam rute ziarah Gerakan Pemuda (GP) Ansor PAC Gandusari.

Ketua GP Ansor PAC Gandusari, sahabat Gus Syamsul mengatakan bahwa kegiatan ziarah ini sebagai salah satu wadah bagi kader Ansor Gandusari agar lebih mengenal muasis dan pejuang NU yang menjadi pendahulu.


"Selain itu, karena ini hampir memasuki bulan Ramadhan, sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk ziarah ke makam," tukasnya.

Diantara beberapa makam muasis NU dan pejuang NU yang menjadi tujuan ziarah kader Ansor tersebut adalah KH. Machali, Mbah Ngalimun Khasan, Mbah Bastul Bari, Mbah Sobri serta lainnya.

Sahabat Ulil Albab, selaku ketua MDS RA GP Ansor PAC Gandusari mengatakan, selain diselenggarakan untuk menyongsong Ramadhan, kegiatan ziarah ini bisa menjadi ajang tali silaturahim antar kader Ansor.

"Selain mempererat tali silaturahim antar kader, kegiatan kali ini juga sebagai pengingat bagi kita yang masih hidup terhadap nasib perjalanan kita selanjutnya, yaitu kematian," terangnya.


Lebih dari 50 kader Ansor dan Banser yang mengikuti kegiatan ziarah ini. Mereka berangkat dari titik kumpul di makam Watu Dukun, Desa Sukorame pukul 13.00 WIB. Menyusuri makam-makam muasis dan pejuang NU Gandusari, Kab. Trenggalek dengan mengendarai mobil pribadi juga sepeda motor hingga selesai sekitar pukul 20:07 WIB. Kegiatan tersebut ditutup dengan megengan agung dan doa bersama yang bertempat di Madrtsah Ibtidaiyah Desa Jajar.

Ave

Related

Warta PAC 5935140018461581133

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item