Peringati Harlah, Ansor Bendungan Lakukan Ziarah Makam Pendahulu Tokoh Pejuang Ansor dan Banser

Ansor Bendungan Peringati Harlah GP Ansor ke 88 dengan Ziarah

Dalam rangka memperingati Harlah GP Ansor yang ke 88, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor kecamatan Bendungan kabupaten Trenggalek melaksanakan ziarah makam kyai dan pendiri GP Ansor. Ahad (24/4/2022)

Sekitar pukul 20.00 Wib, rombongan pengurus PAC GP Ansor Bendungan mulai berangkat menuju ke kabupaten Ponorogo. Tujuan pertama rombongan berziarah ke makam kyai Agung Muhamad Besari, Tegalsari. Beliau merupakan pendiri Pondok pesantren Tegalsari, Ponorogo.

Lanjut sekitar pukul 23.00 WIB rombongan melanjutkan ziarah ke Ponorogo kota, makam M. Z Kajubi yang merupakan pendiri GP Ansor dan komandan pertama Banser Indonesia.

Harapanya dalam rangka harlah dapat menjadi motivasi para kader dengan mengenal tokoh pendiri organisasi GP Ansor. Tertera nisan-nya tertulis Lahir 1 januari 1926 dan wafat pada 1 Desember 1983. Dalam kurun waktu tersebut dapat diketahui sosok M.Z Kajubi merupakan pemuda yang berani, yang pernah menjadi pemimpin organisasi besar GP Ansor.

Setelah itu, rombongan bertolak ke timur menuju kabupaten Tulungagung. Dengan jarak tempuh yang cukup memakan waktu hingga masuk di ujung waktu sahur para sahabat PAC melaksanakan sahur bersama. Dan melanjutkan perjalanan hingga ke tempat tujuan di makam Syeh Basyarudin di bolorejo, Kauman, Tulungagung.

Dilangsir jatimtimes.com Syeh Basyarudin sesosok tokoh agama yang dikenal masyarakat Tulungagung sebagai pendakwah Islam pertama di Bumi Ngrowo (nama Kabupaten Tulungagung zaman dulu). Menurut cerita, beliau adalah guru Bupati pertama Ngrowo Tumenggung Ngabei Mangoendirono. Setelah itu sebagai pungkasan ziarah rombongan menuju Panggungrejo untuk ke makam komandan Alfa Isnaini.

Dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk khidmah kader Ansor untuk mengenang jasa para pendahulu dan pendiri GP Ansor.

 

(Tr.at)

Editor : Zidni IN

Related

Warta PAC 8620496613152237086

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item