GP ANSOR RANTING NGRAYUNG ZIARAHI MAKAM MBAH KYAI ALI BASTOM TOHA BENDOAGUNG


Kamis 29 September 2022 pukul 19.30 WIB GP Ansor Ranting Ngrayung melakukan rutinan "Nyarkub" (nyadran kubur) ke-4 atau lebih umumnya dipahami dengan kegiatan ziarah kubur di makam KH. Ali Basthom Thoha yang terdapat di Pondok Pesantren Nailul Ulum Desa Bendoagung Kecamatan Kampak. 

Kegiatan Nyarkub kali ini walaupun hanya diikuti oleh 5 kader Ansor Ranting Ngrayung. Tak mengurangi rasa semangat, menjaga ketersambungan dengan para pendahulu dan mengharap barokah dari makam pendahulu yang ada di Pondok Pesantren Nailul Ulum, yaitu: makam Mbah Nyai Fathonah, Mbah Syamsul Huda Basthomy dan termasuk salah satunya makam KH. Ali Basthom. 

KH. Ali Basthom Thoha merupakan pendiri Pondok Pesantren Nailul Ulum bendoagung Kampak dan juga merupakan mustasyar PCNU (Pengurus Cabang Nadhatul 'Ulama) Trenggalek masa khidmat 1995-2000 di penghujung usia beliau. 

adapun petuah atau pesan yang diingat oleh Gus Habibi selaku cucu menantu dari KH. Ali Basthom ialah terkait pandangan KH. Ali Basthom masalah weton. "Lek arep ngangge Monggo, lek arep diyakini ojo" (jikalau menginginkan untuk digunakan silahkan saja, namun jikalau mau diyakini sebaiknya jangan). Menurut pemahaman Gus Habibi hal itu tidak lain demi menjaga keimanan kepada Allah SWT dan bukan kepada weton. 

Adapun hal lainnya yang dijelaskan Gus Habibi ialah terkait cara berdakwah KH. Ali Basthom yang selalu menyesuaikan dakwah beliau atau sesuai porsi orang yang didakwahi. 

Gus Habibi mengapresiasi terkait acara Nyarkub, karena memang merupakan hal yang harus dilestarikan terutama oleh generasi muda saat ini. Adapun pesan Gus Habibi kedepannya untuk Nyarkub ialah untuk lebih meningkatkan promosi kegiatan lebih menarik lagi dan luas lagi agar lebih banyak generasi muda yang membiasakan diri dengan kegiatan positif seperti Nyarkub seperti yang tentunya menjaga spirit spiritual kita.

Nanang Syaggaf Armanda

Related

Warta Ranting 1701159162127232421

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item