Peringatan Hari Santri 22 Oktober 2022 Kecamatan Gandusari : Santri Harus Gerak Cepat Terhadap Permasalahan Terkini


Dalam rangka memperingati hari santri 22 Oktober tahun 2022. Para pemuda-pemudi, bapak-ibu dan anak-anak yang berasal dari berbagai badan otonom Nadhatul 'Ulama kecamatan Gandusari pada tanggal 22 Oktober 2022 pukul 07.30 memperingati hari santri 22 Oktober tahun 2022 di halaman kantor kecamatan Gandusari dalam bentuk upacara/apel. Hal ini tentunya dalam rangka mengingat dan terus menjaga semangat para santri pada resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 di Kota Surabaya. 

Para kepala desa di kecamatan Gandusari, bapak camat Gandusari maupun lainnya yang termasuk dalam Forkopimcam (Forum Koordinasi Pimpinan di Kecamatan) Gandusari juga turut hadir dalam pelaksanaan upacara hari santri 22 Oktober 2022. 


Hari santri 22 Oktober 2022 mengusung tema "berdaya menjaga martabat kemanusiaan" dan juga ditegaskan oleh pembina upacara Bapak Imam Sopingi pada sambutannya memiliki makna filosofis yaitu santri ialah pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Hal ini juga merupakan esensi dari ajaran agama sesuai penjelasan Menteri Agama Bapak Yaqut Cholil Qoumas di lapangan kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid Pekalongan pada tanggal 27 September 2022. 


Tema hari santri yang ada jikalau dikaitkan dengan kondisi banjir di kabupaten Trenggalek dan aksi kemanusiaan yang dilakukan para pemuda Ansor dan Banser kecamatan Gandusari tentu sangat berkaitan. Para Pemuda Ansor dan Banser kecamatan Gandusari yang melakukan gerakan dapur umum dan pendistribusian bantuan berupa sembako, makanan siap santap, Pakaian layak pakai maupun kebutuhan lainnya di beberapa wilayah terdampak banjir merupakan wujud dari memanusiakan manusia atau dapat dikatakan pula menjaga martabat manusia.

Rasa terima kasih yang begitu besar pun diucapkan Bapak Yasin selaku pengurus MWC NU Gandusari. "Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasinya pada upacara hari santri" terangnya. Hal ini juga ditujukan kepada para pemuda Ansor dan Banser yang telah meluangkan waktunya untuk melaksanakan upacara hari santri 22 Oktober 2022, baik dari persiapan, pelaksanaan hingga tuntasnya acara yang berjalan dengan baik dan penuh khidmat. 


"Santri harus selalu gerak cepat menyelesaikan masalah terkini seperti berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada warga terdampak maupun lainnya di Kabupaten Trenggalek" Ungkap sahabat Gus Syamsul Nur Arifin selaku ketua PAC Gandusari. 

Semoga hari santri yang ada bukanlah merupakan suatu peringatan saja. Namun, mampu menjadi pengingat akan peran, fungsi dan nilai-nilai kesantrian untuk kemakmuran bangsa dan negara maupun keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nanang Syaggaf Armanda

Related

Warta PAC 7753063040356355749

Posting Komentar

emo-but-icon

POPULER

Arsip

KALAM HIKMAH

KEBENARAN YANG HARUS KITA IKUTI
Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.”
(QS. an-Nisaa’: 69).


Total Tayangan Halaman

item